Hubungan antara Iklim Kelas dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang

Hasibuan, Alfiana Silva (2024) Hubungan antara Iklim Kelas dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ALFIANA_SILVA_HASIBUAN_20005002_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar warga belajar pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang. Hal ini dibuktikan dengan banyak warga belajar yang mendapatkan nilai akhir di bawah KKM. Rendahnya hasil belajar diduga karena tidak kondusifnya iklim kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara iklim kelas dengan hasil belajar mata pelajaran matematika pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian yaitu seluruh warga belajar Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang yang berjumlah 26 warga belajar. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, jadi jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 75% dari 26 warga belajar yaitu 19 warga belajar. Teknik pengumpulan data melalui distribusi angket (kuisioner) kepada responden penelitian, teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan untuk mencari korelasi menggunakan rumus rank order. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Iklim kelas warga belajar pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang dikategorikan tidak kondusif. 2) Hasil belajar warga belajar pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang tergolong rendah. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan hasil belajar mata pelajaran matematika pada Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Wilayah 1 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorSetiawati, SetiawatiUNSPECIFIED
CorrectorArini, Fitri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 24 Oct 2024 07:02
Last Modified: 24 Oct 2024 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54757

Actions (login required)

View Item View Item