Preferensi Konsumen terhadap Aneka Randang di Toko Oleh-oleh Kota Padang

Septiandi, Audilla (2024) Preferensi Konsumen terhadap Aneka Randang di Toko Oleh-oleh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AUDILLA_SEPTIANDI_19075120_7229_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya informasi bagi produsen randang untuk mengetahui produk mana yang paling banyak disukai oleh konsumen. Belum adanya prediksi tingkat penjualan aneka randang di toko oleh-oleh sehingga adanya produk yang lama terjual dan menurunkan kualitas produk. Terdapatnya penurunan konsumen yang berbelanja pada masa-masa tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan preferensi konsumen terhadap aneka randang di toko oleh-oleh kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan data kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung yang berbelanja ke toko oleh-oleh di kota Padang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Propotional Random Sampling yang berasal dari 3 tempat oleh-oleh di kota Padang. Pemilihan responden dilakukan secara Purposive Sampling yaitu mereka yang sudah pernah berbelanja di toko oleh-oleh tersebut berjumlah 100 responden. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket (kuisioner) yang dirancang berdasarkan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif menggunakan metode pengaketegorian penilaian tingkat capaian responden. Data diolah dengan bantuan microsoft excel dan Statistic Package and Service Solution (SPSS) versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap aneka randang di toko oleh-oleh kota Padang menunjukkan tingkat capaian responden sebesar 86% dengan kategori sangat tinggi. Pada indikator harga responden mengatakan bahwa harga yang ditawarkan sangat terjangkau, serta terdapatnya harga promo. Indikator pelayanan konsumen mengatakan karyawan toko sangat bagus dalam melayani, lalu pada indikator brand responden lebih memilih brand toko yang sudah terkenal dengan reputasi yang bagus. Untuk indikator suasana responden mengatakan sangat nyaman dengan fasilitas yang ada dan mudah terjangkau. Terakhir pada indikator cita rasa responden mengatakan bahwa cita rasa untuk masing-masing toko oleh-oleh sangat enak dan memiliki ciri khas masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasmita, KasmitaUNSPECIFIED
CorrectorElida, ElidaUNSPECIFIED
CorrectorGusnita, WiwikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PREFERENSI KONSUMEN, ANEKA RANDANG, TOKO OLEH-OLEH
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Oct 2024 04:46
Last Modified: 24 Oct 2024 04:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54730

Actions (login required)

View Item View Item