Evaluasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Geografi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok

Jannah, Zah Jatul (2024) Evaluasi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Geografi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Zah_Jatul_Jannah_20045123_6600_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SMAN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. 2) Mengetahui kendala yang dialami oleh guru pada mata pelajaran Geografi Kurikulum Merdeka di kelas X SMAN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas X fase E. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sangat efektif untuk diterapkan di dalam kelas terbukti dari minat belajar dan hasil belajar siswa yang meningkat dan semua tahapan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini dari tahap pra pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi sudah berjalan dengan baik dan semua aspek dalam pembelajaran berdiferensiasi ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru geografi. Tapi dalam pelaksanaannya masih ada beberapa hal yang perlu dimaksimalkan lagi. 2) Kendala yang ditemui seperti masih kurangnya waktu dalam pelaksanaannya sebab setiap sekolah sudah mengalokasikan waktu untuk setiap guru dan mata pelajarannya masing-masing. Sehingga guru tidak memiliki waktu yang cukup dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dan sumber daya yang terbatas karena pembelajaran berdiferensiasi ini masih baru dalam penerapannya muncul karena adanya kurikulum merdeka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, LailaturUNSPECIFIED
CorrectorSurtani, SurtaniUNSPECIFIED
CorrectorNovio, ReryUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Oct 2024 08:52
Last Modified: 23 Oct 2024 08:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54724

Actions (login required)

View Item View Item