Prasetyo, Vicky (2024) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Melalui Lesson Study Berbasis Case Method pada Kelas X di SMK Negeri 2 Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_7_Vicky_Prasetyo_17067129_4521_2024.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang ada dikelas masih didominasi oleh guru dan cenderung mengejar target pencapaian kurikulum yang ada tanpa memperhatikan apakah materi yang diajarkan sudah tersampaikan secara optimal kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PDTM kelas X SMKN 2 Solok melalui lesson study berbasis case method. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan dan lembaran tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Temuan hasil penelitian ini yaitu adanya kenaikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan klasikal siswa mencapai 70,83%, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,33%. Ketuntasan klasikal siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran lesson study berbasis case method dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR, PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN, LESSON STUDY, | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > GT Technology (general) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2024 08:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2024 08:46 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54663 |
Actions (login required)
View Item |