Maharani, Sinta Yulia (2024) Implementasi Pembentukan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII MTsS TI Batang Kabung Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_1_SINTA_YULIA_MAHARANI_20016191_4926_2024.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Ketiga, untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan yang muncul dalam pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penganalisisan data menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data, dan menarik Kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia telah terimplementasi dengan baik melalui perencanaan dan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan guru Bahasa Indonesia telah memasukkan nilai karakter yang terdapat pada modul ajar. Pada tahap pelaksanaan telah mengimplementasikan enam nilai karakter yang terdapat pada Profil Pelajar Pancasila. Kedua, faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sekolah, dan faktor lingkungan masyarakat. Faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah perilaku siswa, kurangnya kesadaran siswa dalam menaati peraturan, dan motivasi siswa untuk belajar masih kurang. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang muncul yaitu dengan melakukan sosialisasi untuk berperilaku yang baik kepada siswa, memberikan perhatian yang sama kepada semua siswa, dan melakukan sosialisasi dengan orang tua siswa mengenai pembentukan karakter. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII MTsS TI Batang Kabung Padang telah dilaksanakan dengan baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54653 |
Actions (login required)
View Item |