Pengaruh Permainan Tradisional Galah terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Warga Belajar di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah Jorong Balai Belo Kabupaten Agam.

Sara, Serli Novita (2024) Pengaruh Permainan Tradisional Galah terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Warga Belajar di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah Jorong Balai Belo Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Pendidikan Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_4_SERLI_NOVITA_SARA_20005003_6224_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah Jorong Balai Belo Kabupaten Agam. Kondisi ini diduga disebabkan oleh kurangnya metode pembelajaran yang mendukung dalam rangka menumbuhkan perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) melihat gambaran perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz sebelum di berikan perlakuan permainan tradisional galah, (2) melihat gambaran peningkatan perilaku prososial setelah diberikan permainan tradisional galah, dan (3) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara permainan tradisional galah terhadap peningkatan perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz Qur’an. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen semu (QuasiExsperiment), dengan tujuan untuk mengungkapkan pengaruh variabel metode pembelajaran berupa permainan tradisional galah terhadap perilaku prososial warga belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu warga belajar di Rumah Tahfidz Qur’an sebanyak 30 warga belajar yang sekaligus dijadikan sampel. Analisa data menggunakan rumusuji paired sampel t-test. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa, (1) sebelum diberi tindakan (treatment) permainan tradisional galah, perilaku prososial warga belajar tergolong rendah, (2) sedangkan sesudah diberi tindakan (treatment) permainan tradisional galah, perilaku prososial warga belajar dikategorikan tinggi, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan dengan permainan tradisional galah terhadap peningkatan perilaku prososial warga belajar di Rumah Tahfidz Qur’an Hidayatullah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorAzizah, ZahratulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERMAINAN TRADISIONAL, PERILAKU PROSOSIAL, BELAJAR TAHFIDZ
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:35
Last Modified: 21 Oct 2024 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54651

Actions (login required)

View Item View Item