Khusrin, Khusrin (2024) Kesantunan Berbahasa Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_1_KHUSRIN_20016159_5014_2024.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prinsip kesantunan berbahasa yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Sungai Penuh. kesantunan berbahasa merupakan sesuatu hal yang penting diterapkan dalam pembelajaran, maka perlu dilakukan penelitian terhadap kesantunan berbahasa guru dalam pembelajaran Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tuturan langsung yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Sungai Penuh. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data, yaitu (1) mentranskripkan data hasil rekaman ke dalam bentuk bahasa tulis, (2) mengklasifikasikan prinsip kesantunan yang digunakan oleh guru tersebut, (3) menabulasi data prinsip kesantunan, (4) data yang telah diklasifikasikan dianalisis berdasarkan teori jenis teori prinsip kesantunan Leech yang terdapat pada Bab II, (5) setelah data dianalisis, diadakan penyimpulan dan disusun laporan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, Data diperoleh dari guru yang mengajar di kelas VII A, VIII A, dan IX A. Dapat disimpulkan bahwa ada lima maksim yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas SMP Negeri 8 Sungai Penuh, yaitu (1) maksim kebijaksanaan, (2) maksim kedermawanan, (3) maksim pujian, (4) maksim kerendahan hati, dan (5) maksim pemufakatan. Maksim yang paling dominan digunakan adalah maksim kebijaksanaan. Guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Sungai Penuh lebih banyak melakukan tindak tutur santun, yaitu sebanyak 266 tuturan, sedangakan tindak tutur kurang santun sebanyak 7 tuturan. Dengan demikian, dapat disimpulkan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 8 Sungai Penuh santun dalam berbahasa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:30 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54648 |
Actions (login required)
View Item |