Pengaruh Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Yuliani, Yuliani (2024) Pengaruh Strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang berkembang lebih cepat pada abad ke-21 berpengaruh terhadap perubahan di berbagai bidang kehidupan dan ditandai dengan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pendidikan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, kualitas pendidikan di Indonesia dapat dikatakan masih rendah. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dibuktikan dengan hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 yang memperlihatkan Indonesia menempati posisi keenam terendah dibandingkan dengan negara lain yang mengikuti survei. Faktor yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia salah satunya adalah komunikasi dalam kegiatan pendidikan berupa penggunaan strategi dalam pembelajaran. Penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi, pemahaman materi, keterlibatan aktif dan hasil belajar peserta didik. Alternatif strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah strategi Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain berupa Pre-test and Post-test Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan tahun ajaran 2023/2024. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling, sehingga didapatkan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda dan uraian, lembar observasi pembelajaran SQ3R dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan strategi SQ3R. Data penelitian dianalisis menggunakan bantuan software SPSS Version 26 dengan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuttaqiin, AriefUNSPECIFIED
CorrectorLestari, TutiUNSPECIFIED
CorrectorYurnetti, YurnettiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Strategi SQ3R, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:09
Last Modified: 17 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54577

Actions (login required)

View Item View Item