Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika Di SMK N 1 Sumbar

Putri, Riqa Syahrilla (2024) Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika Di SMK N 1 Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RIQA_SYAHRILLA_PUTRI_20065012_4099_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika kelas X Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Sumbar yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Reseach and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan desain pengembangan 4D. Dalam penelitian ini memanfaatkan angket untuk memperoleh data tentang tingkat validitas media pembelajaran. Angket ini diisi oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Aspek yang divalidasi pada pengembangan ini yaitu aspek isi materi dan aspek tampilan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif memperoleh skor rata-rata 90% dari kedua ahli materi dan 92% dari kedua ahli media. Pada uji praktikalitas juga memanfaatkan angket dengan responden yang terdiri dari 15 orang peserta didik. Hasil praktikalitasnya memperoleh rata-rata 95,73%. Dari hasil tersebut, penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran interaktif pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika dengan kategori sangat valid, sangat praktis dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrizon, EfrizonUNSPECIFIED
CorrectorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorJasril, Ilmiyati RahmyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, ARTICULATE STORYLINE 3
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Oct 2024 05:16
Last Modified: 16 Oct 2024 05:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54556

Actions (login required)

View Item View Item