Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Materi Stoikiometri dengan Memanfaatkan Limbah Organik untuk Fase F SMA/MA

Rahmad, Nafisah Yulia (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Materi Stoikiometri dengan Memanfaatkan Limbah Organik untuk Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_NAFISAH_YULIA_RAHMAD_20035024_6570_2024.pdf

Download (939kB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran kimia yang memiliki hakikat pembelajaran yang mengarahkan peserta didik ke arah pengetahuan yang benar-benar nyata pada setiap konsepnya. Salah satu model pembelajaran yang mendukung penerapan konsep yang nyata dalam kehidupan sehari-hari yaitu menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka. Karena itu, diperlukannya suatu bahan ajar yang mampu memenuhi kebutuhan peserta didik, yaitu dibutuhkannya LKPD berbasis project based learning materi stoikiometri dengan memanfaatkan limbah organik untuk fase F SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan tujuan mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis project based learning materi stoikiometri dengan memanfaatkan limbah organik serta mengetahui bagaimana tingkat validitas dan praktikalitas LKPD berbasis project based learning yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model Plomp. Tahap dari penelitian pengembangan ini terdiri atas penelitian awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping phase), dan penilaian (assessment phase). Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang dikumpulkan melalui instrument validasi dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan kepada 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 4 Padang dengan menggunakan angket validasi, sedangkan uji praktikalitas dilakukan kepada 2 orang guru kimia SMAN 4 Padang dan 9 orang peserta didik fase F SMAN 4 Padang. Data validasi yang diperoleh dianalisis menggunakan skala Aiken’s V. Hasil penelitian berdasarkan uji validasi menunjukkan indeks Aiken’s V sebesar 0,92 dengan kategori valid dan berdasarkan uji praktikalitas menunjukkan nilai 91% oleh guru dan 89% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh data analisis kevalidatan dan kepraktisan dari pengembangan LKPD berbasis project based learning dapat dikatakan valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorZainul, RahadianUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD; Project Based Learning; Stoikiometri; Limbah Organik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:33
Last Modified: 16 Oct 2024 04:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54542

Actions (login required)

View Item View Item