Peningkatan Kemampuan Mengenal Bagian Tumbuhan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi Peserta Didik Tunagrahita.

Saragih, Ery Noviana (2024) Peningkatan Kemampuan Mengenal Bagian Tumbuhan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bagi Peserta Didik Tunagrahita. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_ERY_NOVIANA_SARAGIH_23003239_5098_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas yaitu rendahnya kemampuan mengenal bagian tumbuhan pada peserta didik tunagrahita. Berdasarkan hal ini maka diberikan tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian tumbuhan menggunakan model pembelajaran kontekstual sebagai upaya pemecahan masalah di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengamatan penerapan model pembelajaran kontekstual dan penilaian unjuk kerja mengenal bagian tumbuhan melalui lembar pengamatan. Analsis data yang digunakan yaitu secara kuantitatif dan hasilnya dimaknai secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan peserta didik tunagrahita dalam mengenal bagian tumbuhan. Kemampuan awal peserta didik AT adalah 8,3% dan meningkat menjadi 83,3%; kemampuan awal peserta didik AR adalah 16,7% dan meningkat menjadi 91,67%, sedangkan kemampuan awal peserta didik FS adalah 33% dan meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan mengenal bagian tumbuhan yaitu akar, batang, dan daun bagi peserta didik tunagrahita di kelas III SLB Negeri Autis Sumatera Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TUNAGRAHITA, TUMBUHAN, MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:42
Last Modified: 15 Oct 2024 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54527

Actions (login required)

View Item View Item