Pengembangan E-Modul Pemanasan Global berbasis Problem Based Learning Fase E Kelas X

Nabila, Mila (2024) Pengembangan E-Modul Pemanasan Global berbasis Problem Based Learning Fase E Kelas X. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_MILA_NABILA_19035154_5444_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

E-modul merupakan bahan ajar mandiri yang tersusun secara sistematis dalam unit pembelajaran tertentu dengan format elektronik dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan pada kurikulum merdeka, peserta didik dituntut untuk dapat mandiri pada proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan pada kurikulum merdeka ialah Problem Based Learning. E-modul disusun sesuai dengan sintak-sintak PBL yang menjadikan peserta didik harus aktif dalam proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pemanasan global berbasis problem based learning fase E kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validitas dan lembar angket praktikalitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian desain Pendidikan atau Educational Design Research (EDR) dan menggunakan model plomp yang terdiri atas tiga tahap: pendahuluan, tahap prototipe, dan tahap penilaian, namun penelitian ini dibatasi sampai prototipe IV yaitu praktikalitas e-modul. E-modul yang dikembangkan divalidasi oleh lima orang validator yang terdiri dari tiga orang dosen kimia UNP dan dua orang guru kimia SMAN 2 Pariaman. Validitas e-modul di analisis menggunakan formula Aiken’s. Hasil validitas e-modul didapatkan dengan nilai rata-rata validitas konten 0,83 dengan kategori valid dan validitas media dengan rata-rata 0,84 dengan kategori valid. Hasil kepraktisan e-modul diperoleh nilai 95% dengan kategori sangat praktis dari respon guru dan 84% dari respon peserta didik dengan kategori praktis. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-modul, Pemanasan Global, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:27
Last Modified: 15 Oct 2024 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54525

Actions (login required)

View Item View Item