Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Microsoft Sway pada Materi Ekosistem terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMA Pertiwi 1 Padang

Sugandi, Hanjeli (2024) Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Microsoft Sway pada Materi Ekosistem terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Fase E SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_HANJELI_SUGANDI_20031145_6329_2024.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kesulitan peserta didik memahami materi ekosistem serta penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem yang rendah. Salah satu faktor di luar individu yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah tidak tersedianya media pembelajaran yang memberi kemudahan bagi peserta didik untuk mempelajari materi Pelajaran. Maka diperlukan media pembelajaran yang menarik yaitu media presentasi Microsoft Sway. Microsoft Sway adalah media yang memiliki fitur khusus yang dapat digunakan seorang guru untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dari penggunaan media presentasi Microsoft Sway pada materi ekosistem terhadap hasil belajar peserta didik fase E SMA Pertiwi 1 Padang. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Ekxperiment) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Fase E SMA Pertiwi 1 Padang. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas E2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 peserta didik dan kelas E6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 peserta didik. Penetapan kedua kelas tersebut dilakukan dengan cara undian. Instrumen penilaian berupa tes hasil belajar (posttest). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 74,03, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64,72. Analisis data menggunakan uji hipotesis independent sample t-test diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001. Artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan media presentasi Microsoft Sway terhadap hasil belajar peserta didik fase E pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiyah, Sa’diatulUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Microsoft Sway, Hasil Belajar , Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:00
Last Modified: 14 Oct 2024 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54473

Actions (login required)

View Item View Item