Jenis dan Kriteria Tumbuhan Hasil Hutan Bukan Kayu Sebagai Produk Kerajinan yang Dikomersialisasikan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat

Putri, Dwi Puspita (2024) Jenis dan Kriteria Tumbuhan Hasil Hutan Bukan Kayu Sebagai Produk Kerajinan yang Dikomersialisasikan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_04_DWI_PUSPITA_PUTRI_20032012_6839_2024.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) merujuk pada produk alami dari hutan selain dari kayu. HHBK telah menjadi fokus dalam pengelolaan hutan yang lestari, utamanya kelompok tumbuhan, dan nilainya menjadi tinggi ketika banyak dimanfaatkan oleh manusia, salah satunya adalah produk kerajinan yang diperdagangkan di sentra-sentra ekonomi daerah. Permintaan pasar pada produk kerajinan akan terkait dengan nilai produk HHBK dalam pengelolaan hutan oleh masyarakat di pinggir hutan, tetapi data mengenai jenis dan karakteristik tumbuhan HHBK yang digunakan, produk kerajinan yang dihasilkan, serta tingkat kebutuhannya masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jenis dan karakteristik tumbuhan HHBK yang digunakan sebagai produk kerajinan dan kebutuhannya di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Survei dilakukan pada tujuh toko kerajinan yang dipilih secara purposive, dan data dikumpulkan melalui pengamatan langsung dan kuesioner. Tujuh jenis tumbuhan HHBK yaitu Calamus spp. (rotan), Bambusa spp. (bambu), Cocos nucifera (kelapa), Eichhornia crassipes (eceng gondok), Pandanus spp.(pandan), Arenga pinnata (aren), dan Metroxylon sagu (sagu) digunakan untuk menghasilkan 61 tipe produk kerajinan yang dikomersialisasikan di Kota Padang, dengan kadar air kecil dari 15%. Kebutuhan bahan mentah jenis tumbuhan HHBK untuk setiap produk kerajinan berkisar antara 1-100 m, sedangkan kebutuhan toko pada produk kerajinan berkisar antara 3-100 produk per bulan. Daerah asal dari produk kerajinan tersebut diantaranya Jawa, Padang, dan Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKardiman, RekiUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RijalUNSPECIFIED
CorrectorVauzia, VauziaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HHBK, rotan, produk kerajinan, hutan
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 14 Oct 2024 01:52
Last Modified: 14 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54471

Actions (login required)

View Item View Item