Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Fase E di SMAN 8 Padang Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Fase E di SMAN 8 Padang

Rahmaddani, Silvina (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Fase E di SMAN 8 Padang Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Fase E di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_SILVINA_RAHMADDANI_19058123_4641_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang ada di kelas fase E SMA Negeri 8 Padang. Permasalahan yang terjadi diantaranya adalah media pembelajaran yang kurang bervariasi dan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Model pembelajaran yang masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Kondisi pembelajaran yang seperti ini menunjukan bahwa model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi fase E di SMA Negeri 8 Padang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan ular tangga dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sosiologi fase E di SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian yang dilakukan di fase E SMA Negeri 8 Padang, indikator tang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan ular tangga sosiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan terjadi pada setiap siklus mengalami peningkatan dari pra tindakan hasil belajar siswa 50,28%, dilakukanya siklsu I mengalami peningkatan menjadi 70,00% pada siklus I melum mencapai nilai minimum dan pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 71,57%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ada di fase E7 SMA Negeri 8 Padang dengan menggunakan modle pembelajaran dan media yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
CorrectorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
CorrectorNora An, DesriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:26
Last Modified: 11 Oct 2024 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54455

Actions (login required)

View Item View Item