Safira, Nia
(2024)
Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Kahoot Mata
Pelajaran Sosiologi Kelas X1 Ips Sman 6 Solok Selatan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, kurangnya pemahaman materi yang disampaikan guru, serta kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan. Adapun tujuan penelitian untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi kahoot untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas X1 IPS SMAN 6 Solok Selatan. penelitian ini dilakukan di kelas X1 IPS SMAN 6 Solok Selatan tahun ajaran 2024. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah konstritivisme Vygosky. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin.
Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi tiap siklusnya. Siswa kelas X1 IPS 1 berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis, dan dokumentasi. Instrument penelitian dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest yang dilaksanakan setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw berbantuan aplikasi kahoot dapat dilakukan dengan baik terbukti dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam mata pelajaran sosiologi dengan memperhatikan beberapa point tambahan pada peserta didik seperti memberikan motivasi, memberikan nilai tambah terhadap siswa yang aktif saat diskusi seperti bertanya, menambahkan jawaban, dan menyampaikan pendapat. Sedangkan di lihat dari siklus I ke siklus 2 yang mana dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I berjumlah 50,82% pada siklus II 80,5% mengalami peningkatan menjadi dalam artian baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi peserta didik pada kelas X1 IPS 1 SMAN 6 Solok Selatan
Actions (login required)
|
View Item |