Pengembangan Modul Pembuatan Kantong sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Teknologi Busana di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Fitri, Fadilla (2019) Pengembangan Modul Pembuatan Kantong sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Teknologi Busana di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FADILLA_FITRI_160755167_623_2019.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Teknologi Busana merupakan salah satu mata kuliah kejuruan yang penting bagi Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga konsentrasi Pendidikan Tata Busana. Salah satu materinya adalah Pembuatan Kantong. Capaian pembelajaran dalam materi ini adalah mampu membuat kantong dalam bentuk fragmen dengan pengalaman belajar berupa praktek dalam waktu 6x50 menit. Namun sumber belajar yang bisa membantu mahasiswa untuk belajar secara mandiri masih kurang. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media berbentuk modul pembelajaran yang valid dan praktis yang dapat membantu mahasiswa dalam pembelajaran Teknologi Busana khususnya Pembuatan Kantong. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau research and development yaitu motode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk terserbut. Prosedur pengembangan menggunakan model 4D. Karena keterbatasan peneliti maka penelitian ini hanya sampai tahap develop saja. Modul ini diuji validitas nya oleh ahli media dan ahlimater. praktikalitas dilakukan pada mahasiswa S1 Tata Busana angkatan 2018 dengan jumlah 30 orang. Teknik analisis data menggunakan presentase. Berdasarkan hasil penelitian, uji validitas dilakukan kepada validator memperoleh skor 81,14% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas yang dilakukan kepada dosen dan mahasiswa diperoleh 88,07% dengan kategori sangat praktis. Modul ini berada dalam kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Teknologi Busana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorIdrus, YenniUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WelniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul, Media Pembelajaran, Teknologi, Busana, Kantong
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:23
Last Modified: 11 Oct 2024 07:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54436

Actions (login required)

View Item View Item