Meningkatkan Kemampuan Menggenal Anggota Tubuh melalui Penggunaan Media Pop Up Book pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di SDLBN Sri Soedewi Jambi).

Anita, Anita (2024) Meningkatkan Kemampuan Menggenal Anggota Tubuh melalui Penggunaan Media Pop Up Book pada Siswa Disabilitas Intelektual Ringan (Penelitian Tindakan Kelas di SDLBN Sri Soedewi Jambi). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_ANITA_23003228_5293_2024.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran mengenal anggota tubuh di SLBN Sri Soedewi MS Jambi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh melalui media Pop Up Book pada siswa disabilitas intelektual. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklusdengan empat pertemuan di setiap siklus. Setiap siklus mencakup tahapanperencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan hasil. Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan dua hal: 1) proses pembelajaran mengenal anggota tubuh melalui media Pop Up Book untuk siswa disabilitas intelektual, dan 2) peningkatan kemampuan siswa disabilitas intelektual dalam mengenal anggota tubuh. Hal ini terlihat dari perbandingan hasil awal kedua anak, yaitu A dengan 11,11%, dan S dengan 19,44%, yang semuanya berada dalam kategori kurang. Setelah dilakukan kegiatan pembelajaran hingga siklus II, skor kedua siswa meningkat menjadi 92% untuk A, dan 97% untuk S, semuanya dalam kategori sangat baik. Siklus II dilakukan karena hasil kemampuan pada siklus pertama vi belum mencapai nilai tertinggi, dengan hasil 56% untuk A, dan 64% untuk S dimana tingkat kemampuannya masih dengan kategori cukup baik. Hasil dari siklus II dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh bagi siswa disabilitas intelektual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
CorrectorRahmatrisilvia, RahmatrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DISABILITAS INTELETUAL, SISWA DISABILITAS, INTELEKTUAL RINGAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:02
Last Modified: 11 Oct 2024 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54429

Actions (login required)

View Item View Item