Ummiah, Syahira (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik pada Materi Jaringan Tumbuhan di Kelas XI SMA Negeri 2 Bungo. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
|
Text
B.1_03_SYAHIRA_UMMIAH_19031162_4273_2024.pdf Download (375kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan yang harus dimiliki pada Abad ke-21 salah satunya adalah kemampuan komunikasi. Permasalahan di SMA Negeri 2 Bungo adalah kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, dan rendahnya kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran ini membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik pada materi jaringan tumbuhan kelas XI SMA Negeri 2 Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Bungo. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sebagi kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar soal posttest dalam bentuk essay. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran discovery learning, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran langsung. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai posttest kemampuan komunikasi ilmiah kelas eksperimen 83,15 sedangkan kelas kontrol 76,96. Hasil uji hipotesis penelitian dilihat dari nilai signifikan 2-tailed < 0,05 yaitu 0,001 pada kemampuan komunikasi ilmiah. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik pada materi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 2 Bungo
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Ilmiah | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QK Botany |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs Risna Juita | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2024 07:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 07:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54417 |
Actions (login required)
View Item |