Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Kelas IV Sekolah Dasar

Weriyanti, Weriyanti (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WERIYANTI_16124121_41_2023.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Guru berperan penting dalam mengembangkan bahan ajar yang efektif yang dapat memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Sementara bahan ajar yang ada belum mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Mengatasi hal itu, perlu dicari solusi berupa Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilakan suatu produk berupa bahan ajar tematik terpadu dengan strategi question student have di kelas IV yang valid, praktis, dan efektif. Bahan ajar ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap disseminate dilakukan pada skala terbatas. Rancangan yang telah didesain kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli dan 3 orang praktisi yang terdiri dari validasi bahan ajar dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kepraktisan dilihat melalui hasil analisis keterlaksanaan RPP, angket respon siswa dan guru. Keefektifan dilihat melalui hasil analisis observasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil validasi RPP diperoleh rata-rata sebesar 3,68 dengan kategori sangat valid. Validasi bahan ajar diperoleh rata-rata sebesar 3,53 dengan kategori sangat valid. Pada tahap praktikalitas, diperoleh hasil bahwa bahan ajar sudah praktis digunakan. Penggunaan bahan ajar tematik terpadu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 86%. Ini berarti bahan ajar tematik terpadu efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar tematik terpadu yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar tematik terpadu di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR TEMATIK, STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:55
Last Modified: 10 Oct 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54406

Actions (login required)

View Item View Item