Kontribusi Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SMKN Kabupaten Bintan Kepulauan Riau

Roberto, Tedy (2023) Kontribusi Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SMKN Kabupaten Bintan Kepulauan Riau. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_TEDY_ROBERTO_21147021_607_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa kepuasan kerja guru SMKN Kabupaten Bintan Kepulauan Riau masih rendah. Hal ini diduga ada kaitannya dengan komunikasi interpersonal dan motivasi kerja guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi komunikasi interpersonal dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SMKN Kabupaten Bintan Kepulauan Riau. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) komunikasi interpersonal berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, (2) motivasi kerja berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, (3) komunikasi interpersonal dan motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMKN Kabupaten Bintan Kepulauan Riau yang berjumlah 135 orang. Sampel penelitian berjumlah 65 orang yang diambil dengan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penilaian dan angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi interpersonal berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 28,4%, (2) Motivasi kerja berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 58,1%, (3) Komunikasi interpersonal dan motivasi kerja secara bersama-sama berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 70,3%. Tingkat capaian skor kepuasan kerja guru 86,18% berada pada kategori puas, dan untuk komunikasi interpersonal 82,47% berada pada kategori baik sedangkan untuk motivasi kerja guru 86,35 dari skor ideal berada pada kategori tinggi. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa komunikasi interpersonal dan motivasi kerja adalah dua faktor yang dapat meningkatkan kepuasan kerja guru, disamping melalui faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYahya, YahyaUNSPECIFIED
CorrectorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorAnisah, AnisahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI INTERPERSONAL, MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:55
Last Modified: 10 Oct 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54403

Actions (login required)

View Item View Item