Pamela, Afifah Zahrah
(2024)
Pengembangan E-Booklet Bernuansa Emotional
Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Virus
untuk Peserta Didik Fase E.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Emotional Spiritual Quotient (ESQ) berperan penting dalam membentuk
peserta didik yang kompeten dan berkarakter. Berdasarkan wawancara dengan guru
dan angket yang diberikan kepada peserta didik di SMAS Adabiah 2 Padang,
kecerdasan emosional dan spiritual belum diintegrasikan secara optimal dalam
pembelajaran biologi, sehingga berdampak pada perilaku kurang disiplin dan
motivasi belajar peserta didik yang rendah. Selain itu, media pembelajaran yang
digunakan belum mengintegrasikan ESQ dan belum sesuai dengan kriteria yang
diharapkan oleh peserta didik. Padahal, integrasi ESQ dalam pembelajaran dapat
meningkatkan motivasi belajar dan membentuk karakter peserta didik.
Pengembangan e-booklet bernuansa ESQ tentang materi virus sebagai upaya untuk
memaksimalkan dan membantu peserta didik dalam memahami materi
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-booklet bernuansa
ESQ sebagai media pembelajaran tentang materi virus untuk peserta didik Fase E
yang valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan
4D-Models. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Instrumen pada penelitian meliputi lembar pedoman wawancara guru, angket
peserta didik, angket uji validitas, dan angket uji praktikalitas. E-booklet divalidasi
oleh dua dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu guru biologi SMAS
Adabiah 2 Padang. E-booklet diujicobakan kepada satu orang guru biologi dan 32
orang peserta didik Fase E di SMAS Adabiah 2 Padang Tahun Ajaran 2023/2024
untuk menguji praktikalitas produk yang dikembangkan.
Hasil wawancara guru dan angket peserta didik, menunjukkan bahwa peserta
didik membutuhkan e-booklet bernuansa ESQ tentang materi virus. Setelah ebooklet dikembangkan, dilakukan uji validitas dan praktikalitas untuk menilai
kelayakan dan kepraktisan dari e-booklet yang dikembangkan. Hasil uji validitas
menunjukkan rata-rata 94,22% (sangat valid). Uji praktikalitas pada guru
memperoleh hasil 92,44% (sangat praktis) dan pada peserta didik 94,60% (sangat
praktis). Rata-rata nilai praktikalitas guru dan peserta didik adalah 93,52% (sangat
praktis). Dengan demikian, e-booklet bernuansa ESQ tentang materi virus untuk
peserta didik Fase E sangat valid dan sangat praktis.
Actions (login required)
|
View Item |