Pengembangan E-Booklet Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Virus untuk Peserta Didik Fase E

Pamela, Afifah Zahrah (2024) Pengembangan E-Booklet Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Virus untuk Peserta Didik Fase E. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_03_AFIFAH_ZAHRAH_PAMELA_20031045_4035_2024.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Emotional Spiritual Quotient (ESQ) berperan penting dalam membentuk peserta didik yang kompeten dan berkarakter. Berdasarkan wawancara dengan guru dan angket yang diberikan kepada peserta didik di SMAS Adabiah 2 Padang, kecerdasan emosional dan spiritual belum diintegrasikan secara optimal dalam pembelajaran biologi, sehingga berdampak pada perilaku kurang disiplin dan motivasi belajar peserta didik yang rendah. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan belum mengintegrasikan ESQ dan belum sesuai dengan kriteria yang diharapkan oleh peserta didik. Padahal, integrasi ESQ dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dan membentuk karakter peserta didik. Pengembangan e-booklet bernuansa ESQ tentang materi virus sebagai upaya untuk memaksimalkan dan membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-booklet bernuansa ESQ sebagai media pembelajaran tentang materi virus untuk peserta didik Fase E yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan 4D-Models. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Instrumen pada penelitian meliputi lembar pedoman wawancara guru, angket peserta didik, angket uji validitas, dan angket uji praktikalitas. E-booklet divalidasi oleh dua dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu guru biologi SMAS Adabiah 2 Padang. E-booklet diujicobakan kepada satu orang guru biologi dan 32 orang peserta didik Fase E di SMAS Adabiah 2 Padang Tahun Ajaran 2023/2024 untuk menguji praktikalitas produk yang dikembangkan. Hasil wawancara guru dan angket peserta didik, menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan e-booklet bernuansa ESQ tentang materi virus. Setelah ebooklet dikembangkan, dilakukan uji validitas dan praktikalitas untuk menilai kelayakan dan kepraktisan dari e-booklet yang dikembangkan. Hasil uji validitas menunjukkan rata-rata 94,22% (sangat valid). Uji praktikalitas pada guru memperoleh hasil 92,44% (sangat praktis) dan pada peserta didik 94,60% (sangat praktis). Rata-rata nilai praktikalitas guru dan peserta didik adalah 93,52% (sangat praktis). Dengan demikian, e-booklet bernuansa ESQ tentang materi virus untuk peserta didik Fase E sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-booklet, Nuansa ESQ, Virus
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:54
Last Modified: 10 Oct 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54402

Actions (login required)

View Item View Item