Hubungan Antara Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik dengan Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 2 Pariaman

Fadila, Fadila (2024) Hubungan Antara Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik dengan Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Fadila_20045088_6794_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Hubungan minat belajar dengan hasil belajar geografi di SMA Negeri 2 Pariaman, 2. Hubungan kemampuan berpikir spasial dengan hasil belajar geografi di SMA Negeri 2 Pariaman, 3. Hubungan antara minat belajar dan kemampuan berpikir spasial dengan hasil belajar mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan sifat penelitiannya adalah bersifat korelasi atau hubungan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.E berjumlah 141 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen, analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1.) Adanya hubungan minat belajar dengan hasil belajar sebesar 10,2% dengan koefisien korelasi sebesar 0,319 yang menunjukkan hubungan yang lemah. Adanya minat yang baik maka akan menimbulkan semangat dalam diri siswa untuk belajar seperti materi geosfer yang memiliki potensi untuk menarik minat belajar siswa dalam pelajaran geografi jika disampaikan dengan cara yang relevan, menarik, dan interaktif, 2.) Adanya hubungan kemampuan berpikir spasial dengan hasil belajar sebesar 10,7% dengan koefisien korelasi sebesar 0,327 yang menunjukkan bahwa hubungan yang lemah. Pembahasan materi geosfer dalam konteks tes berpikir spasial melibatkan pemahaman dan analisis berbagai komponen geosfer serta hubungan spasial, 3.) Adanya hubungan minat belajar dan kemampuan berpikir spasial dengan hasil belajar sebesar 19,4% dengan koefisien korelasi 0,440 yang menunjukkan bahwa hubungan yang sedang. Hasil penelitian membuktikan bahwa kedua faktor tersebut, minat belajar dan kemampuan berpikir spasial, dapat berkontribusi secara positif terhadap hasil belajar. Ketika minat belajar dan kemampuan berpikir spasial meningkat, hasil belajar cenderung meningkat juga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNova, SariUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:59
Last Modified: 09 Oct 2024 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54385

Actions (login required)

View Item View Item