Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Ketimpangan Sosial melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang

Atika, A (2022) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Ketimpangan Sosial melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ATIKA_A_17058148_6433_2022.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terdapat pada siswa di kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengupayakan dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analisis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dalam proses pembelajaran sosiologi pada materi ketimpangan sosial di kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan yang akan membentuk siklus yaitu dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang yang berjumlah 33 siswa. Data kemampuan berpikir analisis siswa diperoleh melalui tes dan non tes, tes dilakukan dengan menggunakan lembar kerja siswa atau lembar diskusi dan lembar evaluasi sedangkan non tes dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa sebagai pendukung. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa nilai ratarata kemampuan berpikir analisis siswa pada tindakan siklus I mencapai 76 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 61%. Setelah tindakan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79 dengan ketuntasan belajar klasikal 81%. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran pada tindakan siklus I mencapai 71,78% dengan kriteria baik. Pada siklus II aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat menjadi 80,71% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa yang meningkat pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNora AN, DesriUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorSylvia, IkeUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:58
Last Modified: 08 Oct 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54369

Actions (login required)

View Item View Item