Self-efficacy Akademik Mahasiswa Berprestasi yang Kuliah Sambil Bekerja (Studi Kasus: Mahasiswa Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang)

Salsabila, Bunga (2024) Self-efficacy Akademik Mahasiswa Berprestasi yang Kuliah Sambil Bekerja (Studi Kasus: Mahasiswa Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_BUNGA_SALSABILA_19058046_6929_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana menerapkan self-efficacy akademik mahasiswa dalam menyelesaikan kuliah dan bekerja. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori Interaksionisme Simbolik oleh Mead. Penelitian ini dilakukan di Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang di Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, kec Padang Utara Kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan pada penelitian ini dengan cara purposive sampling dengan informan sebanyak 12 mahasiswa dengan kriteria-kriteria informan seperti Mahasiswa Departemen Sosiologi angkatan 2020, 2021, 2022 yang bekerja, memiliki self-efficacy yang baik, berprestasi di dalam dan luar kampus, 4 dosen dan 6 teman atau rekan kerja, sehingga dapat digunakan untuk mencapai tujuan dalam penelitian. Analisis data dilakukan dengan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa dapat self-efficacy pada diri mereka karena mereka yakin untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu baik di perkuliahan maupun di pekerjaan, mereka dapat mengatur waktu, dapat memprioritaskan yang lebih penting walaupun mereka menghadapi tantangan, rintangan yang berbeda-beda mereka mampu mengatasi untuk bisa melewatkan tantangan yang ada perkuliahan dan di pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorGautama, Mohammad IsaUNSPECIFIED
CorrectorFahmi, KhairulUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:58
Last Modified: 08 Oct 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54368

Actions (login required)

View Item View Item