Kontribusi Sumber Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital di SMKN 2 Bukittinggi

Ananda, Oki Surya (2023) Kontribusi Sumber Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital di SMKN 2 Bukittinggi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_OKI_SURYA_ANANDA_1200068_145_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi komunikasi digital masih banyak berada dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur: (1) kontribusi sumber belajar terhadap hasil belajar, (2) kontribusi perhatian orang tua terhadap hasil belajar, (3) kontribusi sumber belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional, populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMKN 2 Bukittinggi. Populasi penelitian berjumlah 287, sampel dalam penelitian ini adalah 72 siswa dengan teknik pengambilan sampel 25% dari jumlah populasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner menggunakan Skala Likert, teknik analisis data diantaranya regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sumber belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 32,9% (2) perhatian orang tua berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 35,6% dan (3) sumber belajar dan perhatian orang tua berkontribusi secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 43,6%. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa sumber belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran simulasi komunikasi digital di SMKN 2 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SUMBER BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:53
Last Modified: 07 Oct 2024 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54365

Actions (login required)

View Item View Item