Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran PAI Pada Siswa Kelas Satu di SD Islam Khaira Ummah Padang

Farios, Aziz Anugrah (2024) Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran PAI Pada Siswa Kelas Satu di SD Islam Khaira Ummah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_AZIZ_ANUGRAH_FARIOS_19329083_3275_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya penerapan media pembelajaran permainan kartu huruf untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas satu Sekolah Dasar, sehingga Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui Bagaimana cara guru merancang media permaianan kartu huruf dalam pembelajaran PAI materi mari mengenal huruf Hijaiyah pada siswa kelas 1 B di SD Islam Khaira Ummah Padang. (2) Untuk mengetahui Bagaimana cara guru menerapkan media permainan kartu huruf dalam pembelajaran PAI materi mari mengenal huruf Hijaiyah pada siswa kelas 1 B di SD Islam Khaira Ummah Padang.(3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media permainan kartu huruf untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI materi mari mengenal huruf Hijaiyah pada siswa kelas 1 B di SD Islam Khaira Ummah Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, objek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 B Sekolah Dasar Islam Khaira Ummah Padang dan subyek pada penelitian ini adalah pemahaman belajar siswa. Kemudian data yang didapat dari hasil observasi, wawancara dengan informan, dan dokumentasi untuk melihat fenomena yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, guru merancang media kartu menggunakan bahan-bahan yang simpel dan terjangkau. Kedua, Dalam proses penerapannya guru menjelaskan materi pembelajaran menggunakan metode bermain sambil belajar, dengan mengikuti standar pendidikan dan kurikulum yang berlaku di sekolah. Ketiga, Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran permainan kartu huruf, ialah kelebihannya media ini sangat disenangi anak-anak sehingga mereka aktif dalam belajar. kekurangan yaitu, siswa mempunyai cara belajarnya sendiri sehingga terdapat siswa yang mengalami kebosanan disaat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorAl Ikhlas, Al IkhlasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Oct 2024 10:04
Last Modified: 04 Oct 2024 10:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54349

Actions (login required)

View Item View Item