Analisis Visual Karakter Monkey D. Luffy Dalam Anime One Piece Episode Gear 5 Menggunakan Semiotika Roland Barthes

Nofriyanti, Nofriyanti (2024) Analisis Visual Karakter Monkey D. Luffy Dalam Anime One Piece Episode Gear 5 Menggunakan Semiotika Roland Barthes. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_NOFRIYANTI_20027023_6778_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tanda dan makna yang terdapat dalam visual karakter Monkey D. Luffy saat memasuki puncak kekuatannya dalam awakening Gear 5 menggunakan semiotika Roland Barthes dan menjelaskan keterkaitan visual Luffy Gear 5 dengan mitos dalam konteks cerita One Piece. Fokus penelitian ini pada analisis tanda-tanda visual hasil perubahan visual karakter Monkey D. Luffy mode Gear 5, dan mengkaji mitos yang terkandung dalam visual karakter Monkey D. Luffy mode Gear 5 yang berkaitan dengan cerita dalam dunia One Piece. Meskipun perubahan visual karakter sudah sering terjadi dalam serial anime, namun perubahan yang dialami oleh Luffy dalam Gear 5 mencakup aspek yang lebih komprehensif, termasuk perubahan dalam warna, gestur, dan bahkan karakteristik dari tokoh tersebut. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data visual karakter Luffy dalam episode Gear 5 dianalisis mengunakan konsep semiotika Roland Barthes, dengan penekanan pada tiga tingkat makna, yakni denotasi, konotasi, dan mitos. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa dalam mode Gear 5, Luffy muncul dengan visual yang didominasi warna putih yang mengacu pada konsep reinkarnasi dewa Amaterasu dalam mitologi Jepang dan dewa Nika dalam mitologi dunia One Piece. Pernyataan ini sejalan dengan penafsiran Barthes tentang kesucian yang dilambangkan oleh warna putih dan seringkali dikaitkan dengan mitos para dewa. Penggunaan gestur dan atribut yang dikenakan oleh Luffy mampu memperkuat interpretasi karakter tersebut, yang mendukung dan memperdalam makna naratif serta menghubungkannya dengan mitologi dalam dunia One Piece. Selain pada mitos dewa dewi, atribut, ekspresi dan warna yang dikenakan Luffy juga mampu menyampaikan karakter dari Luffy itu sendiri yang memiliki sifat sederhana dilambangkan oleh sendal dan topi jerami, terbuka dilambangkan oleh style pakaiaannya, kekanak-kanakan dilambangkan oleh penggunaan celana pendek dan baju tipe blouse, pejuang dilambangkan oleh ekspresi wajahnya dan mencintai kedamaian yang dilambangkan oleh warna pakaiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFaisal, DiniUNSPECIFIED
CorrectorJupriani, JuprianiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Dwi MutiaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:29
Last Modified: 02 Oct 2024 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54314

Actions (login required)

View Item View Item