Penggunaan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas VI Sekoah Dasar

Maret, Marsal (2023) Penggunaan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas VI Sekoah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_MARSAL_MARET_18124075_642_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang rendah pada pembelajaran penjumlahan bilangan bulat khususnya pada kelas VI di SDN 13 Surau Gadang diatasi menggunakan model pembelajaran PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VI. Jenis penelitian ini digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 13 Surau Gadang, yang berjumlah 21 orang siswa, yang terdiri 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar penilaian pengamatan aktivitas belajar siswa dan tes berupa soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diketahui bahwa aspek guru 80.95% pada siklus I meningkat menjadi 89.28% pada siklus II, aspek siswa 82.14% pada siklus I meningkat menjadi 91.66% pada siklus II, dan pada aktivitas belajar siswa 78.88% pada siklus I meningkat menjadi 87.78% pada siklus II, serta hasil belajar siswa 77.78% pada siklus I meningkat menjadi 85.71% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran penjumlahan bilangan bulat menggunakan model pembelajaran PBL di SDN 13 Surau Gadang Kota Padang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan guru dapat menggunakan dan mengemabangkan model pembelajaran PBL dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorHardiyanto, HardiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PBL, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR, PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2024 02:43
Last Modified: 01 Oct 2024 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54281

Actions (login required)

View Item View Item