Pengaplikasian Panel Surya Dan Automatic Transfer Switch (ATS) Untuk Menggerakkan Pompa Tanaman Hidroponik Sebagai Sumber Energi Terbarukan.

Kurniawan, Muhammad Ridwan (2024) Pengaplikasian Panel Surya Dan Automatic Transfer Switch (ATS) Untuk Menggerakkan Pompa Tanaman Hidroponik Sebagai Sumber Energi Terbarukan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_Muhammad_Ridwan_Kurniawan_19338063_2269_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Panel surya merupakan energi terbarukan yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan pertanian memenuhi kebutuhan listrik salah satunya penerapan dalam pertanian yaitu sebagai penggerak pompa tanaman hidroponik. Hidroponik merupakan bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman yang menggunakan media air dengan perantara larutan nutrisi sebagai pupuknya. Dalam sistem hidroponik pompa harus hidup secara terus menerus, untuk itu digunakan alat Automatic Transfer Switch (ATS) sebagai pensubstitusian energi listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan energi listrik panel surya apabila terjadi pemadaman arus listrik dari PLN yang bertujuan untuk mengalirkan air nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan panel surya pada sistem tanaman hidroponik serta mengaplikasikan alat Automatic Transfer Switch (ATS) sebagai pensubstitusi antara energi listrik PLN dengan panel surya. Penelitian ini dilakukan di Jalan Polonia no.11 Air Tawar Timur,Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat pada bulan Januari – Maret 2024, dengan tahapan awal (1) persiapan, (2) perakitan panel surya, (3) analisis hasil pengujian, (4) penyusunan laporan. Hasil penelitian ini dapat mengetahui hasil daya yang dibutuhkan panel surya sebagai sumber energi terbarukan serta penerapan ATS dalam budidaya tanaman hidroponik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbadi, ZainalUNSPECIFIED
CorrectorLapisa, RemonUNSPECIFIED
CorrectorPrimawati, PrimawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Panel Surya Automatic Transfer Switch (ATS) Tanaman Hidroponik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:08
Last Modified: 30 Sep 2024 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54272

Actions (login required)

View Item View Item