Penerapan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Tanah Datar.

Suherma, Ices (2022) Penerapan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_ICES_SUHERMA_17087225_75.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum diketahuinya penerapan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga anak berkebutuhan khusus sekolah luar biasa di Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, strategi, modifikasi, evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Luar Biasa Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini mengambil titik fokus mengenai penerapan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan anak berkebutuhan khusus yang meliputi perencanaan pembelajaran, strategi, modifikasi, dan evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di 4 SLB Kab. Tanah Datar. Berdasarkan hasil penelitian, perencanaan pembelajaran guru bidang studi olahraga di 4 SLB Kab. Tanah Datar secara umum sudah memahami tentang kurikulum sebagai tuntunan untuk membuat rencana pembelajaran. Tiga dari empat SLB di Kab. Tanah Datar ini memakai kurikulum 2013 yaitu SLB N 1 Lima Kaum, Aisyiyah Simabur, Waraqil Jannah, sedangkan SLB N 1 Pagaruyung memakai modul ajar. Strategi yang digunakan di 4 SLB di Kab. Tanah Datar yaitu mengajarkan materi yang anak sukai serta perlu pendekatan individu. Guru di 4 SLB Kab. Tanah Datar menerapkan modifikasi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Kegiatan evaluasi yang dilaksanakan di 4 SLB Kab. Tanah Datar ini menggunakan tulisan dan praktek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAziz, IshakUNSPECIFIED
CorrectorAfrizal, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, YogiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Luar Biasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:44
Last Modified: 26 Sep 2024 05:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54217

Actions (login required)

View Item View Item