Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP

Aprilia, Ratna Sari (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_RATNA_SARI_APRILIA_14031047_603_2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pola pembelajaran Kurikulum 2013 harus berpusat pada peserta didik (student center) dan menekankan pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS). Salah satu materi IPA Semester I kelas VIII adalah Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan yang menuntut peserta didik memiliki HOTS. Namun di SMPN 15 Padang khususnya kelas VIII belum tersedia bahan ajar yang dapat meningkatkan HOTS peserta didik. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan LKPD berorientasi HOTS pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Pada tahap development LKPD divalidasi oleh 4 orang validator menggunakan lembar validitas dan pada tahap assessment LKPD dilakukan uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 30 orang peseta didik kelas VIII SMPN 15 Padang menggunakan lembar praktikalitas. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil expert review (validasi) diperoleh nilai validitas 90,96% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKPD memiliki nilai kepraktisan 93,06% dan oleh peserta didik 93,80% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah dikembangkan LKPD berorientasi HOTS pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk kelas VIII SMP yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorDes, DesUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; High Order Thinking Skills; Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:35
Last Modified: 26 Sep 2024 02:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54185

Actions (login required)

View Item View Item