Pengembangan Model Pembelajaran Flipped-Guided Inquiry Based Learning (Fgil) pada Materi Termodinamika untuk Mahasiswa Tahun Pertama

Iqbal, Muhammad (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Flipped-Guided Inquiry Based Learning (Fgil) pada Materi Termodinamika untuk Mahasiswa Tahun Pertama. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Muhammad_Iqbal_19176008_4053_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan kondisi yang berkaitan dengan proses pembelajaran pada mata kuliah Kimia Umum di Universitas Negeri Padang. Pembelajaran pada mata kuliah Kimia Umum dilakukan secara daring. Hal ini disebabkan karena situasi pandemi covid-19 yang terjadi saat ini, serta seiring dengan tingginya tuntutan digitalisasi pada era revolusi industri 4.0 saat sekarang ini. Kondisi tersebut menyebabkan mahasiswa mesti melaksanakan perkuliahan secara online di tempat masing-masing. Hal ini akan menyulitkan mahasiswa untuk memahami materi yang disampaikan oleh dosen, sebab pembelajaran yang berlangsung tidak berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model pembelejaran Flipped-Guided Inquiry Based Learning (FGIL) pada materi termodinamika untuk mahasiswa tahun pertama dan menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas Model pembelajaran Flipped – Guided Inquiry Based Learning (FGIL) pada materi termodinamika untuk mahasiswa tahun pertama. Jenis penelitian yang digunakan adalah educational design reserar (EDR) yang dikembangkan dengan model plomp. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, panduan wawancara, dan soal objektif. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan analisis validitas dengan rumus Aiken’s V, analisis praktikalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran Flipped-Guided Inquiry Based Learning (FGIL) berdasarkan validasi konten dan validasi media oleh validator dinyatakan valid dengan nilai rata-rata aiken’s masing-masing sebesar 0.86 dan 0.80. dan berdasarkan uji praktikalitas dinyatakan praktis, berdasarkan uji efektivitas dinilai efektif yang dibuktikan dengan uji N-Gain dan uji hipotesis paired sample t test.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMawardi, MawardiUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:31
Last Modified: 25 Sep 2024 06:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54151

Actions (login required)

View Item View Item