Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik dan HOTS dalam Model Pembelajaran Penemuan Materi Fluida terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang

Lendri, Annisa (2019) Pengaruh Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik dan HOTS dalam Model Pembelajaran Penemuan Materi Fluida terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ANNISA_LENDRI_15033092_868_2019.pdf

Download (880kB) | Preview

Abstract

Pada abad ke-21, pendidikan memiliki pengaruh dalam pembelajaran. Pemerintah berupaya malakukan penyempurnaan kurikulum dalam menghadapi tantangan pendidikan di abad 21. Selain itu, pemerintah juga mendorong program gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, kondisi nyata disekolah menunjukkan bahwa pembelajaran fisika siswa masih belum terlaksana dengan baik. Salah satu olusi dari permasalahan ini adalah menerapkan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik dan HOTS dalam model pembelajaran penemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik dan HOTS dalam model pembelajaran penemuan materi fluida terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 10 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian adalah Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 10 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah lembar tes tertulis untuk menilai pengetahuan, lembar penilaian kinerja untuk menilai keterampilan, dan lembar observasi untuk menilai sikap siswa. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis pada taraf nyata 0,05 untuk ketiga aspek. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan berarti hasil belajar siswa penggunaan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik dan HOTS dalam model pembelajaran penemuan materi fluida kelas SMAN 10 Padang dengan taraf kepercayaan 95%. Oleh karena itu, penggunaan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik dan HOTS dalam model pembelajaran penemuan materi fluida memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Saintifik; HOTS; Fluida
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Sep 2024 01:11
Last Modified: 25 Sep 2024 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54102

Actions (login required)

View Item View Item