Asyari, Bella Vedia
(2024)
Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk UMKM Keripik Malaysia Reynia.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti terhadap marketing mix (bauran pemasaran) yang merupakan strategi pemasaran yang dilakukan untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan marketing mix, keputusan pembelian, dan menganalisis pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada produk UMKM keripik Malaysia Reynia.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan UMKM keripik Malaysia dengan jumlah yang tidak diketahui. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan gogle form dan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas reliabilitasnya. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan korelasi. Berdasarkan hasil perhitungan statistik variabel marketing mix memiliki nilai dengan kategori sedang sebesar 76,5%. Hal ini menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap item pernyataan variabel marketing mix dengan 4 indikatornya yaitu produk, harga, tempat dan promosi memiliki kategori sedang.
Hal tersebut dapat diartikan bahwa strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang dilakukan oleh pelaku usaha UMKM keripik Malaysia Reynia harus lebih diperhatikan lagi dan diharapkan dapat memahami bagaimana perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Daya saing yang kuat di pasaran menuntut pelaku usaha UMKM harus lebih peka terhadap kebutuhan konsumen.Hasil penelitian dilakukan menggunakan analisis korelasi pearson product moment diketahui koefisien korelasi marketing mix (X) dengan keputusan pembelian (Y) adalah 0,740 yang termasuk pada kategori kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 8.926 > 1.668 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara marketing mix dengan keputusan pembelian serta hasil hipotesisnya yaitu Ha diterima dan Ho ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |