Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Model Pjbl Berbasis Aplikasi Book Creator di Kelas IV Sekolah Dasar

Agasi, Diren (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Model Pjbl Berbasis Aplikasi Book Creator di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DIREN_AGASI_21124005 _35_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini lantaran temuan di lapangan berupa masih banyaknya perangkat teknologi dalam proses pembelajaran yang tidak dimanfaatkan secara maksimal, kegiatan belajar yang menitikberatkan pada guru sebagai model dalam proses pembelajaran, dan juga dari kegiatan penganalisaan terhadap materi ajar yang tengah diimplementasikan terhadap kegiatan belajar pada kelas IV tingkat satuan sekolah dasar. Didasarkan pada permasalahan yang ditemukan pada saat observasi awal tersebut guru harus mampu memanfaatkan teknologi serta fasilitas yang dimiliki oleh instansi pendidikan tersebut untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan serta bermakna bagi peserta didik. Penelitian yang dikembangkan mempunyai tujuan yaitu mengembangkan sebuah bahan ajar yang menarik bagi peserta didik. Kegiatan mengembangkan bahan ajar tersebut maksudnya adalah menciptakan sebuah bahan ajar tematik terpadu yang berbasiskan pembelajaran proyek dengan bantuan aplikasi book creator di kelas IV sekolah dasar dengan acuan pengembangan yang valid, praktis, serta efektif. Model pengembangan dalam penelitian ini menerapkan konsep yang diciptakan oleh Borg and Gall, dengan spesifikasi yang diadopsi oleh Sugiyono melalui tujuh langkah kegiatan penelitian, yang diawali dengan pencarian dan pengumpulan potensi dan masalah, kemudian mengumpulkan data awal penelitian, selanjutnya merancang sebuah produk yang akan digunakan pada kegiatan penelitian, melakukan validasi terhadap rancanagn produk, melakukan perbaikan atau revisi terhadap rancangan produk, selanjutnya memasuki tahap uji coba terhadap produk penelitian, dan langkah terakhir melakukan perbaikan terhadap produk yang telah diuji cobakan tadi. Proses pengumpulan data yang berada pada tahap uji validitas didapatkan melalui instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi pada RPP dan bahan ajar yang diberikan kepada lima orang validator yang berkompeten dibidangnya. Berdasarkan uji validasi tersebut diperoleh hasil bahwa bahan ajar memperoleh nilai sebesar 93,85% (sangat valid). Sedangkan untuk uji pada tahap praktikalitas menggunakan dua instrumen yaitu angket respon peserta didik serta angket respon guru secara urut memperoleh nilai sebesar 86,14% dan 86,11% (praktis). Selanjutnya uji efektivitas bahan ajar yang berdasarkan tingkat keaktifan peserta didik yang berada pada angka 87,02% berada pada kategori sangat aktif, serta nilai kognitif peserta didik berada pada angka 81,98% dimana nilai ini berada diatas kriteria ketuntasan minimal yaitu 70, sehingga dinyatakan bahan ajar tersebut efektif dalam kegiatan belajar. Didasarkan tiga alat uji terhadap penelitian pengembangan ini yaitu uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas maka disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini ialah sebuah bahan ajar yang mempunyai nilai valid, praktis, serta efektif pada kegiatan belajar. Sehingga menjadi bahan ajar alternatif dengan kemampuan menghadirkan pembelajaran dengan kebermaknaan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandra, DesyandraUNSPECIFIED
CorrectorRusman, RusmanUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, TEMATIK, BOOK CREATOR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:20
Last Modified: 24 Sep 2024 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54073

Actions (login required)

View Item View Item