Persepsi Masyarakat terhadap Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Sarana Pengetahuan dan Keterampilan di SKB 1 Tanah Datar.

Arya, Fira Rahma Putri (2024) Persepsi Masyarakat terhadap Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Sarana Pengetahuan dan Keterampilan di SKB 1 Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_8_FIRA_RAHMA_PUTRI_ARYA_20234036_5458_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai persepsi masyarakat terhadap TBM sebagai sarana pengetahuan dan keterampilan di SKB 1 Tanah Datar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap TBM sebagai sarana pengetahuan dan keterampilan di SKB 1 Tanah Datar ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan konatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengunjung TBM SKB 1 Tanah Datar, dengan populasi yang digunakan berjumlah 983 dan sampel sebanyak 91 orang. Variabel pada penelitian ini adalah persepsi masyarakat terhadap TBM. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pengumpulan data uji coba dengan melibatkan 30 responden. Kedua, pengumpulan data penelitian dengan kuesioner yang disebarkan secara langsung. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan persepsi positif pada tiga aspek: kognitif, afektif, dan konatif. Aspek kognitif didapatkan skor rata-rata 2,79 menunjukkan pemahaman baik tentang TBM, namun koleksi buku untuk kegiatan keterampilan perlu ditingkatkan. Aspek afektif didapatkan skror rata-rata 3,05 menunjukkan antusiasme tinggi terhadap kegiatan TBM, terutama program keterampilan. Aspek konatif didapatkan skor rata-rata 2,93 menunjukkan minat tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan TBM, meski frekuensi peminjaman buku relatif rendah. Kesimpulannya, TBM di SKB 1 Tanah Datar berpotensi besar sebagai pusat pembelajaran masyarakat, namun masih memerlukan pengembangan dalam hal koleksi buku, program keterampilan, dan strategi untuk meningkatkan minat peminjaman buku. Selain itu, perlu ada strategi khusus untuk meningkatkan koleksi buku, pengadaan program literasi yang menarik, penyelenggaraan pelatihan keterampilan praktis dan integrasi teknologi dalam layanan TBM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorRahmah, ElvaUNSPECIFIED
CorrectorAsmara, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN, INKLUSI SOSIAL, TAMAN BACA MASYARAKAT
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Sep 2024 04:53
Last Modified: 20 Sep 2024 04:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54053

Actions (login required)

View Item View Item