Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kualifikasi Pendidikan terhadap Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak Asmaul Husna Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar

Ambariani, Ambariani (2023) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kualifikasi Pendidikan terhadap Disiplin Anak di Taman Kanak-Kanak Asmaul Husna Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AMBARIANI_20330028_580_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kurangnya kedisiplinan anak di TK Asmaul Husna seperti anak yang terlambat diantar maupun anak yang terlambat dijemput oleh orangtua dari aturan kedatangan berdasarkan prosedur sekolah, penggunaan baju seragam yang tidak sesuai dengan harinya, penggunaan sepatu dan kaos kaki yang seharusnya, bahkan ada anak yang hanya membawa tas kosong ke sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh dan kualifikasi pendidikan orangtua terhadap disiplin anak, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi hubungan pola asuh dan kualifikasi pendidikan orangtua terhadap kedisiplinan anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Asmaul Husna dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan uji korelasi produk moment diperoleh hasil uji variabel pola asuh terhadap disiplin, nilai sig. (2-tailed) ) 0,050 > 0,025. Itu artinya tidak terdapat hubungan atau korelasi antara variabel pola asuh dengan disiplin. (2) Sedangkan uji korelasi produk moment pada variabel pendidikan orangtua terhadap disiplin, nilai sig. (2-tailed) ) 0,000 < 0,025. Itu artinya terdapat hubungan atau korelasi antara variabel pendidikan orangtua dengan disiplin. (3) Jika dilihat dari tingkat hubungan antara variabel pola asuh terhadap disiplin yaitu 0,050 yang berada pada kategori sangat rendah. Sedangkan untuk tingkat hubungan antara variabel kualifikasi pendidikan terhadap disiplin yaitu 0,000 yang juga berada pada kategori sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh dan kualifikasi pendidikan terhadap disiplin anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: POLA ASUH ORANGTUA, KUALIFIKASI PENDIDIKAN ORANGTUA, DISIPLIN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2024 00:46
Last Modified: 23 Sep 2024 01:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54051

Actions (login required)

View Item View Item