Pengaruh Kualitas Layanan Online Public Access Catalog (OPAC) terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Temu Balik Informasi di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Hartini, Dini (2024) Pengaruh Kualitas Layanan Online Public Access Catalog (OPAC) terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Temu Balik Informasi di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_8_DINI_HARTINI_20234004_5324_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Kualitas layanan Online Public Acces Catalog (OPAC), (2) Tingkat kepuasan pemustaka dalam temu balik informasi di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang, (3) Pengaruh kualitas layanan Online Public Access Catalog (OPAC) terhadap kepuasan pemustaka dalam temu balik informasi di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini mengambil 96 orang responden yang merupakan pengunjung atau pemustaka aktif di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang.Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara.Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan sampling purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan menghasilkan nilai rata-rata 3,12 yang berada pada kategori “tinggi”. Maka dapat dikatakan bahwa kualitas layanan Online Public Access Catalog (OPAC) sudah baik selama penggunaannya. Pada variabel Kepuasan pengguna menghasilkan nilai rata-rata sebesar 3,10 yang berada pada kategori “tinggi”. Maka dapat dikatakan bahwa kepuasan pengguna atau pemustaka pada layanan OPAC dalam temu balik informasi sudah memuaskan bagi pemustaka. Berdasarkan analisis hasil kuesioner, kualitas layanan OPAC berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemustaka dalam temu balik informasi di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Hal ini sesuai dengan adanya hasil koefisien korelasi sebesar 0, 728 yang tergolong dalam korelasi kuat.Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak yang artinya variabel X (kualitas layanan) berpengaruh terhadap variabel Y (Kepuasan Pemustaka). Kemudian pengujian hipotesis, nilai t hitung yang didapat menunjukkan adanya pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pemustaka dalam temu balik informasi dengan nilai 10. 321 > 1.985. sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antar kualitas layanan OPAC (Online Public Access Catalog) dengan kepuasan pemustaka dalam temu balik informasi di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorRahma, ElvaUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KUALITAS LAYANAN, TEMU BALIK INFORMASI, KEPUASAN PEMUSTAKA
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:10
Last Modified: 19 Sep 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54046

Actions (login required)

View Item View Item