Peningkatan Pembelajaran Mengenal Nilai dan Kesetaraan Mata Uang Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa Tunarungu ( Classroom Action Research di Kelas IV SLB Kemala Bhayangkari)

Rahmadika, Tria (2024) Peningkatan Pembelajaran Mengenal Nilai dan Kesetaraan Mata Uang Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bagi Siswa Tunarungu ( Classroom Action Research di Kelas IV SLB Kemala Bhayangkari). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_TRIA_RAHMADIKA_23003280_3754_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang penulis temui di SLB Kemala Bhayangkari pada siswa tunarungu kelas IV, di mana mereka memiliki hasil belajar yang rendah dalam memahami nilai dan kesetaraan mata uang. Dari hasil asesmen ditemukan bahwa siswa kesulitan dalam menunjukkan dan menggunakan uang rupiah Rp500,00 sampai maksimal Rp20.000,00, menuliskan kesetaraan nilai uang Rp500,00 sampai Rp20.000,00. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dalam mengenal nilai dan kesetaraan mata uang melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) bagi siswa tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, Selama kegiatan penelitian berlangsung penulis akan berkolaborasi dengan guru kelas. Penulis bertugas sebagai pengamat sedangkan guru bertugas sebagai pelaksana. Penelitian ini melibatkan empat orang siswa tunarungu dengan inisial IA, AN, ME dan RH. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran problem based learning yang dilakukan selama siklus I dan siklus II diketahui bahwa adanya peningkatan pada nilai siswa. Berdasarkan tes penilaian siswa selama dua siklus didapatkan hasil sebagai berikut. Kemampuan awal IA 44%, meningkat pada siklus I 53,1%, meningkat lagi menjadi 66,6% siklus II. Kemampuan awal Me 53,3%, meningkat menjadi 65,2% sikus I, meningkat lagi menjadi 82,2% siklus II. Kemampuan awal AN 51,1%, meningkat menjadi 60% sikus I, meningkat lagi menjadi 77,7% siklus II. Kemampuan awal RH 47%, meningkat menjadi 55,5% sikus I, meningkat lagi menjadi 75,5% siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami nilai dan kesetaraan mata uang. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorTriswandari, RetnoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:17
Last Modified: 19 Sep 2024 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54045

Actions (login required)

View Item View Item