Dede, Suhanda
(2024)
Kesulitan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang dalam Memahami Teks Dokkai Tingkat Dasar.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan mahasiswa dalam memahami teks dokkai tingkat dasar dimana mahasiswa memiliki beberapa permasalahan yaitu kurang hafalan kosakata, kanji, serta pola kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa tahun masuk 2022 dalam memahami teks dokkai tingkat dasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 55 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan menggunakan rumus skala likert. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dengan persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesulitan yang dialami mahasiswa dalam memahami teks dokkai tingkat dasar berada pada angka rata rata 65,2% dengan kualifikasi “Tinggi” pada hasil ini dapat disimpulkan bahwa kesulitan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang dalam memahami teks dokkai Tingkat dasar paling tinggi terdapat pada indikator I (Moji Goi) yaitu nilai mean sebesar 69,7%. Pada indikator I ini dalam kusioner yang telah diujikan mahasiswa banyak menjawab “sangat setuju” pada pernyataan tentang kesulitan terkait kanji. Hal ini sangat mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam memahami teks dokkai tingkat dasar. Pada hasil ini dapat disimpulkan bahwa aspek dalam kesulitan terkait kanji perlu diperhatikan lagi dalam pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |