Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Etnosains terintegrasi STEAM pada materi makromolekul untuk kelas XII SMA

Alqhorina, Vivi (2023) Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Etnosains terintegrasi STEAM pada materi makromolekul untuk kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_VIVI_ALQHORINA_18035043_447_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas dan praktikalitas dari produk yang dikembangkan yaitu LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Etnosains terintegrasi STEAM pada materi makromolekul untuk kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Uji validitas LKPD dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia. Uji praktikalitas pada penelitian ini melibatkan dua orang guru kimia dari SMAN 3 Mukomuko dan dua puluh tiga orang mahasiswa semester satu Departemen Kimia FMIPA UNP tahun masuk 2022 semester Juli-Desember 2022. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Lembar angket validitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V dan lembar angket praktikalitas dianalisis menggunakan rumus statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata Aiken’s V untuk uji validitas sebesar 0,896, nilai kepraktisan LKPD penilaian oleh guru sebesar 94,7%, dan penilaian kepraktisan oleh peserta didik sebesar 92,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Etnosains terintegrasi STEAM pada materi makromolekul untuk kelas XII SMA yang dihasilkan telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, ETNOSAINS, STEAM, MAKROMOLEKUL
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Sep 2024 04:08
Last Modified: 13 Sep 2024 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54010

Actions (login required)

View Item View Item