Efektivitas Penggunaan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah

Ramadhani, Dea Multika (2024) Efektivitas Penggunaan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_DEA_MULTIKA_RAMADHANI_19035010_3739_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya tentang pengembangan e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an. Bahan ajar e-modul laju reaksi telah diuji validitas dan praktikalitasnya, namun belum dilakukan uji efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penggunaan e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Aliyah. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group desain. Populasi penelitian adalah peserta didik XI MIPA MAN 3 Kota Padang, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas eksperimen XI MIPA 1 dan kelas kontrol XI MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal Dhitung > Dtabel dan homogen Fhitung (1,25) < Ftabel (1,99). Hasil uji hipotesis dengan uji-t pada taraf nyata 0,05 yaitu thitung (9,354) > ttabel (1,99) menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa e-modul laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi Al-Qur’an secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik Madrasah Aliyah pada ranah kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorAzhar, MindaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN E-MODUL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:41
Last Modified: 11 Sep 2024 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53984

Actions (login required)

View Item View Item