Pengembangan Tes Diagnostik Esai Terstruktur Kimia Sebagai Instrumen Penilaian Hasil Belajar dan Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Laju Reaksi

Silfitri, Oktayola (2022) Pengembangan Tes Diagnostik Esai Terstruktur Kimia Sebagai Instrumen Penilaian Hasil Belajar dan Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Laju Reaksi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_OKTAYOLA_SILFITRI_16035123_4097_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Instrumen tes yang komprehensif mampu mempermudah pendidik untuk mengukur beberapa aspek pada peserta didik diantaranya hasil belajar, miskonsepsi serta materi penghambat. Tujuan dari penelitian ini ialah menghasilkan instrumen tes diagnostik esai terstruktur kimia yang mampu untuk mengukur beberapa aspek diatas pada materi laju reaksi dan mampu memenuhi kriteria tes yang baik dari segi validitas, reliabilitas, indeks kesukaran serta daya pembeda. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yakninya, tahap penentuan isi, tahap memperoleh informasi mengenai kesalahpahaman konsep pada peserta didik serta tahap pengembangan instrumen SEDToC. Instrumen tes SEDToC materi laju reaksi dilakukan validasi oleh 3 orang dosen dan 2 orang guru kimia. Instrumen tes ini diujicobakan kepada 30 orang peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Pantai Cermin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes diagnostik kimia materi laju reaksi yang dikembangkan telah valid dilihat dari segi konten, reliabilitas tes yang tergolong tinggi yaitu 0,85. Analisa indeks kesukaran didapatkan sebanyak 3 butir soal tergolong mudah dan 7 soal tergolong sedang. Analisa daya pembeda didapatkan sebanyak 1 butir soal tergolong jelek, 2 butir soal tergolong cukup, 4 butir soal tergolong baik serta 3 butir soal tergolong sangat baik. Hasil penelitian instrumen SEDToC materi laju reaksi yang diperoleh menunjukkan mampu mengukur hasil belajar, miskonsepsi serta materi penghambat pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:24
Last Modified: 06 Sep 2024 10:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53901

Actions (login required)

View Item View Item