Sari, Suci Ulan
(2019)
Pengembangan Modul Ikatan Kimia Berbasis Inkuiri
Terbimbing Dilengkapi Soal-soal Tipe HOTS untuk Kelas
X SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar berupa modul ikatan kimia
berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soal-soal tipe HOTS, adanya soal-soal
tersebut ditujukan untuk melatih dan mengembangkan pola berpikir kritis siswa
sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan modul ikatan kimia berbasis inkuiri terbimbing dilengkapi soalsoal
tipe HOTS untuk kelas X SMA/MA serta menentukan kategori validitas dan
praktikalitas dari modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan atau Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang
menghasilkan produk tertentu. Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri atas tiga tahapan yaitu penelitian
awal (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage), dan
tahap penilaian (assessment phase). Jenis data yang diperoleh adalah data primer
yaitu data yang diperloeh langsung dari sumber. Instrumen yang digunakan
berupa angket validasi dan angket praktikalitas yang dianalisis dengan
menggunakan formula kappa cohen.Modul ini divalidasi oleh 5 orang validator
terdiri dari 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru SMA Pertiwi 1
Padang dan uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 30 orang
siswa kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Hasil analisis lembaran validitas,
praktikalitas guru dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen
kappa (k) berturut-turut adalah 0,86, 0,88 dan 0,86. Modul yang dihasilkan sangat
valid dan sangat praktis untuk digunakan.
Actions (login required)
|
View Item |