Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Kimia pada Materi Termokimia Kelas XI SMA Menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER)

Desuharni, Melvy (2019) Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Kimia pada Materi Termokimia Kelas XI SMA Menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_MELVY_DESUHARNI_15035108_3124_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Kurikulum 2013 masih terdapat berbagai masalah. Pembuatan Perangkat Pembelajaran dinilai terlalu rumit, karena tujuan yang ada didalam silabus sulit untuk ditafsirkan. Maka perlu dilakukan analisis lebih lanjut tentang struktur konten Kurikulum 2013 revisi 2018 pada materi Termokimia kelas XI SMA. Penelitian struktur dilakukan dengan menganalisis suatu kerangka untuk membantu proses penyusunan dan pemetaan jenis-jenis pengetahuan dan tingkatan kognitifnya dengan mengacu pada Taksonomi Bloom Revisi. Analisis konten dilakukan dengan menganalisis kedalaman dan keluasan mengacu pada kajian ilmu kimia sesuai textbook standar dan dibatasi oleh buku teks SMA dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian struktur konten Kurikulum 2013 Kimia pada materi termokimia berdasarkan Taksonomi Bloom revisi, Domain Keterampilan, dan textbook standar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui analisis dokumen dan instrumen penelitian yang digunakan berupa tabel analisis struktur konten. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, secara umum Kesesuaian Struktur Konten Kurikulum 2013 revisi 2018 pada Materi Termokimia dengan kaidah keilmuan kimia sebagian sudah sesuai yaitu pada KD 3.4 dan 3.5 kalimat pada KD tersebut sudah spesifik, sudah sesuai dengan Taksonomi Bloom Revisi dan tuntutan materi yang harus dicapai sedangkan pada KD 4.4 dan 4.5 belum sesuai dengan kaidah keilmuan kimia karena kalimat pada KD tidak sesuai dengan materi yang harus dicapai. Pada analisis keluasan dan kedalaman materi sudah sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
CorrectorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Struktur Konten, Keluasan Materi, Kedalaman Materi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:21
Last Modified: 06 Sep 2024 10:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53880

Actions (login required)

View Item View Item