Desuharni, Melvy
(2019)
Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Kimia pada Materi Termokimia Kelas XI SMA Menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pelaksanaan Kurikulum 2013 masih terdapat berbagai masalah.
Pembuatan Perangkat Pembelajaran dinilai terlalu rumit, karena tujuan yang ada
didalam silabus sulit untuk ditafsirkan. Maka perlu dilakukan analisis lebih lanjut
tentang struktur konten Kurikulum 2013 revisi 2018 pada materi Termokimia
kelas XI SMA. Penelitian struktur dilakukan dengan menganalisis suatu kerangka
untuk membantu proses penyusunan dan pemetaan jenis-jenis pengetahuan dan
tingkatan kognitifnya dengan mengacu pada Taksonomi Bloom Revisi. Analisis
konten dilakukan dengan menganalisis kedalaman dan keluasan mengacu pada
kajian ilmu kimia sesuai textbook standar dan dibatasi oleh buku teks SMA dari
pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian struktur
konten Kurikulum 2013 Kimia pada materi termokimia berdasarkan Taksonomi
Bloom revisi, Domain Keterampilan, dan textbook standar. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui
analisis dokumen dan instrumen penelitian yang digunakan berupa tabel analisis
struktur konten. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, secara
umum Kesesuaian Struktur Konten Kurikulum 2013 revisi 2018 pada Materi
Termokimia dengan kaidah keilmuan kimia sebagian sudah sesuai yaitu pada KD
3.4 dan 3.5 kalimat pada KD tersebut sudah spesifik, sudah sesuai dengan
Taksonomi Bloom Revisi dan tuntutan materi yang harus dicapai sedangkan pada
KD 4.4 dan 4.5 belum sesuai dengan kaidah keilmuan kimia karena kalimat pada
KD tidak sesuai dengan materi yang harus dicapai. Pada analisis keluasan dan
kedalaman materi sudah sesuai.
Actions (login required)
|
View Item |