Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Teritegras Konten Nilai Kecerdasan Sosial pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMA 13 Padang

Aflah, Maulana (2019) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Teritegras Konten Nilai Kecerdasan Sosial pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMA 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MAULANA_AFLAH_15033034_1824_2019.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi Fisika siswa diharapkan mampu tercapai secara menyeluruh. Agar kompetensi yang diharapkan tercapai dengan baik maka diperlukan bahan ajar yang memuat seluruh kompetensi, serta model pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Setelah dilakukan analisis terhadap empat buku pelajaran Fisika dapat dinyatakan konten nilai kecerdasan sosial pada buku memiliki nilai rata- rata 33,75 yang menujukan masih sangat sedikit konten nilai kecerdasan sosial yang terdapat pada buku Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar Fisika terintegrasi konten kecerdasan pada materi gerak parabola dan gerak melingkar terhadap pencapaian kompetensi siwa kelas X SMA 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian The Randomize Posttest Only Control Group. Populasi yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah seluruh siswa SMA 13 Padang kelas X yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Penentuan kelas sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Data penelitian meliputi data pencapaian kompetensi sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Data pencapaian sikap sosial didapat dari lembar observasi, pengetahuan didapat dari posttest yang dilakukan setelah pemberian perlakuan, dan keterampilan didapat dari lembar penilaian kinerja. Data kompetensi yang didapat dianalisis menggunkan statistik deskriptif pada ketiga kompetensi, uji kesamaan dua rata- rata pada kompetensi pengetahuan, dan uji regresi pada ketiga kompetensi. Penggunaan bahan ajar Fisika terintegrasi kecerdasan sosial mempengaruhi kopetensi sikap sosial sebesar 73% dan terdapat 27% dari kompetensi sikap sosial belum tercapai. Pada kompetensi pengetahuan kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji t dengan hasil t hitung = 4,63 dan t tabel = 1,76. Dari uji t dipetoleh t hitung > t tabel dimana t hitung tidak berada pada daerah penerimaan Ho sehingga Hi diterima yang artinya terdapat perbedaan yang berarti antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain terdapat perbedaan, bahan ajar Fisika terintegrasi konten nilai kecerdasan sosial memiliki pengaruh sebesar 68% dalam peningkatan kompetensi pengetahuan siswa dan sisa 32% berasal dari pengaruh luar. Pencapaian kompetensi keterampilan yang menggunakan bahan ajar Fisika terintegrasi konten nilai kecerdasan sosial memiliki pengaruh sebesar 67% dan 33% lainnya akibat faktor lain. Hasil ini menunjukan terdapat pengaruh terhadap pencapaian kompetensi siswa dengan taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorMasril, MasrilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fisika Terintegrasi, Gerak Parabola, Gerak Melingkar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:26
Last Modified: 06 Sep 2024 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53869

Actions (login required)

View Item View Item