Aflah, Maulana
(2019)
Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Teritegras Konten Nilai Kecerdasan Sosial pada Materi Gerak Parabola dan Gerak
Melingkar terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas X SMA 13 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pencapaian kompetensi Fisika siswa diharapkan mampu tercapai secara
menyeluruh. Agar kompetensi yang diharapkan tercapai dengan baik maka
diperlukan bahan ajar yang memuat seluruh kompetensi, serta model pembelajaran
yang mampu meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Setelah
dilakukan analisis terhadap empat buku pelajaran Fisika dapat dinyatakan konten
nilai kecerdasan sosial pada buku memiliki nilai rata- rata 33,75 yang menujukan
masih sangat sedikit konten nilai kecerdasan sosial yang terdapat pada buku Fisika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar Fisika
terintegrasi konten kecerdasan pada materi gerak parabola dan gerak melingkar
terhadap pencapaian kompetensi siwa kelas X SMA 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian The
Randomize Posttest Only Control Group. Populasi yang digunakan dalam proses
penelitian ini adalah seluruh siswa SMA 13 Padang kelas X yang terdaftar pada
tahun ajaran 2018/2019. Penentuan kelas sampel menggunakan teknik Purposive
Sampling. Data penelitian meliputi data pencapaian kompetensi sikap sosial,
pengetahuan, dan keterampilan. Data pencapaian sikap sosial didapat dari lembar
observasi, pengetahuan didapat dari posttest yang dilakukan setelah pemberian
perlakuan, dan keterampilan didapat dari lembar penilaian kinerja. Data kompetensi
yang didapat dianalisis menggunkan statistik deskriptif pada ketiga kompetensi, uji
kesamaan dua rata- rata pada kompetensi pengetahuan, dan uji regresi pada ketiga
kompetensi.
Penggunaan bahan ajar Fisika terintegrasi kecerdasan sosial mempengaruhi
kopetensi sikap sosial sebesar 73% dan terdapat 27% dari kompetensi sikap sosial
belum tercapai. Pada kompetensi pengetahuan kedua kelas sampel terdistribusi
normal dan homogen maka dilakukan uji t dengan hasil t
hitung
= 4,63 dan t
tabel
= 1,76.
Dari uji t dipetoleh t
hitung
> t
tabel
dimana t
hitung
tidak berada pada daerah penerimaan
Ho sehingga Hi diterima yang artinya terdapat perbedaan yang berarti antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Selain terdapat perbedaan, bahan ajar Fisika
terintegrasi konten nilai kecerdasan sosial memiliki pengaruh sebesar 68% dalam
peningkatan kompetensi pengetahuan siswa dan sisa 32% berasal dari pengaruh
luar. Pencapaian kompetensi keterampilan yang menggunakan bahan ajar Fisika
terintegrasi konten nilai kecerdasan sosial memiliki pengaruh sebesar 67% dan 33%
lainnya akibat faktor lain. Hasil ini menunjukan terdapat pengaruh terhadap
pencapaian kompetensi siswa dengan taraf kepercayaan 95%.
Actions (login required)
|
View Item |