Perbedaan Hasil Belajar Fisika Menggunakan LKS Berorientasi Model Kooperatif Tipe TTW dengan Tipe TAI pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar pada Siswa Kelas SMAN 8 Padang

Arrazi, Fakhruddin (2019) Perbedaan Hasil Belajar Fisika Menggunakan LKS Berorientasi Model Kooperatif Tipe TTW dengan Tipe TAI pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar pada Siswa Kelas SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FAKHRUDDIN_ARRAZZI_1305794_1010_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan LKS berorientasi model kooperatif tipe TTW dengan tipe TAI pada materi gerak parabola dan gerak melingkar terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 8 Padang. Tujuan penelitian yaitu untuk menyelidiki perbedaan hasil belajar fisika menggunakan LKS berorientasi model kooperatif tipe TTW dengan tipe TAI pada materi gerak parabola dan gerak melingkar pada siswa kelas X SMAN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMAN 8 Padang semester I yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan X IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian yang digunakan pada kompetensi sikap berupa lembar observasi sikap, kompetensi pengetahuan berupa tes tulis, dan kompetensi keterampilan berupa lembar unjuk kerja. Ketiga data yang diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa data hasil belajar fisika siswa sebagai berikut. Pertama, untuk kompetensi sikap, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 1 dan 2 berturut-turut adalah 77,34 dan 88,38. Kedua, untuk kompetensi pengetahuan, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 1 dan 2 berturutturut adalah 41,32 dan 43,24. Ketiga, untuk kompetensi keterampilan, nilai ratarata siswa kelas eksperimen 1 dan 2 berturut-turut adalah 76,14 dan 79,29. Setelah dilakukan uji hipotesis dan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang berarti hasil belajar fisika siswa menggunakan LKS berorientasi model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan tipe TAI pada materi gerak parabola dan gerak melingkar pada siswa kelas X SMAN 8 Padang hanya terdapat pada kompetensi sikap pada taraf signifikan 0,05. Meski demikian, untuk ketiga kompetensi, nilai rata-rata siswa kelas yang menggunakan LKS berorientasi model kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yang menggunakan LKS berorientasi model kooperatif tipe TAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, Team Asisted-Individualization, Think Talk Write
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:23
Last Modified: 06 Sep 2024 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53865

Actions (login required)

View Item View Item