Arrazi, Fakhruddin
(2019)
Perbedaan Hasil Belajar Fisika Menggunakan LKS Berorientasi Model Kooperatif Tipe TTW dengan Tipe TAI pada Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar pada Siswa Kelas SMAN 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan LKS berorientasi model
kooperatif tipe TTW dengan tipe TAI pada materi gerak parabola dan gerak
melingkar terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 8 Padang. Tujuan
penelitian yaitu untuk menyelidiki perbedaan hasil belajar fisika menggunakan
LKS berorientasi model kooperatif tipe TTW dengan tipe TAI pada materi gerak
parabola dan gerak melingkar pada siswa kelas X SMAN 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan
rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian
yaitu siswa kelas X SMAN 8 Padang semester I yang terdaftar pada tahun
pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 sebagai
kelas eksperimen 1 dan X IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian
yang digunakan pada kompetensi sikap berupa lembar observasi sikap,
kompetensi pengetahuan berupa tes tulis, dan kompetensi keterampilan berupa
lembar unjuk kerja. Ketiga data yang diperoleh lalu dianalisis dengan
menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa data hasil belajar fisika
siswa sebagai berikut. Pertama, untuk kompetensi sikap, nilai rata-rata siswa kelas
eksperimen 1 dan 2 berturut-turut adalah 77,34 dan 88,38. Kedua, untuk
kompetensi pengetahuan, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 1 dan 2 berturutturut
adalah 41,32 dan 43,24. Ketiga, untuk kompetensi keterampilan, nilai ratarata
siswa
kelas
eksperimen
1
dan
2
berturut-turut
adalah
76,14
dan
79,29.
Setelah
dilakukan
uji hipotesis dan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa
perbedaan yang berarti hasil belajar fisika siswa menggunakan LKS berorientasi
model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan tipe TAI pada materi gerak
parabola dan gerak melingkar pada siswa kelas X SMAN 8 Padang hanya terdapat
pada kompetensi sikap pada taraf signifikan 0,05. Meski demikian, untuk ketiga
kompetensi, nilai rata-rata siswa kelas yang menggunakan LKS berorientasi
model kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa kelas
eksperimen yang menggunakan LKS berorientasi model kooperatif tipe TAI.
Actions (login required)
|
View Item |