Nurdiani, Nurdiani
(2019)
Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap
Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik kelas VIII SMPN 21
Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan penelitian di SMPN 21 Padang yaitu model pembelajaran yang
kurang bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek
pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik pada
materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMPN 21 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian
randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas VIII SMPN 21 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019
berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik
purposive sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII.4
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar
observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini
diuji menggunakan uji-t.
Hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai t
3,55 > t
tabel
1,67, pada kompetensi sikap nilai t
hitung
2,64 > t
1,67, dan pada
kompetensi keterampilan nilai t
hitung
2,54 > t
tabel
tabel
1,67. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan penerapan model Make A Match dapat berpengaruh terhadap
kompetensi belajar IPA peserta didik pada materi sistem pernapasan kelas VIII
SMPN 21 Padang.
Actions (login required)
|
View Item |