Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang

Audia, Fanny Felecia (2019) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_FANNY_FELECIA_AUDIA_14031005_587_2019.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Pada penerapan Kurikulum tahun 2013 pelaksanaan pembelajaran lebih menekankan pada pendekatan saintifik. Pelaksanaan pembelajaran pada pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, menalar, melakukan percobaan, dan mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik dapat diterapkan dengan menggunakan beberapa model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran problem based learning (PBL). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi di SMAN 1 Lubuk Alung, pada pelaksanaan pembelajaran guru telah menerapkan model pembelajaran PBL di dalam kelas. Tetapi pelaksanaannya belum optimal karena belum tersediannya bahan ajar biologi berbasis PBL di sekolah. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan modul biologi berbasis PBL pada materi bakteri untuk peserta didik Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan, menggunakan tiga tahapan model 4-D yaitu tahap define, design, dan develop. Pada tahap define (pendefinisian) dilakukan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Tahap design (perancangan) dilaksanakan untuk menghasilkan modul biologi berbasis PBL pada materi bakteri. Tahap develop (pengembangan) dilakukan validasi oleh 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru mata pelajaran biologi, serta praktikalitas oleh guru mata pelajaran biologi dan peserta didik kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Hasil rata-rata nilai validitas modul sebesar 3,49 dengan kriteria sangat valid. Praktikalitas modul oleh guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,47 dengan kriteria sangat praktis dan oleh peserta didik sebesar 3,57 dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan modul biologi berbasis PBL pada materi bakteri untuk peserta didik kelas X SMAN 1 Lubuk Alung yang valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmen, ArmenUNSPECIFIED
CorrectorHartanto, IndraUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Bakteri
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:19
Last Modified: 06 Sep 2024 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53847

Actions (login required)

View Item View Item